Jumat, 18 Mei 2012

Cara Membuat Halaman Statis di Blogspot

Ada beberapa blogger yang bertanya melalui komentar atau melalui sms pada saya bagaimana cara membuat menu – menu di blog seperti Home, kontak kami, ebook gratis dll? Khusus blogspot sudah ada fasilitasnya sendiri yaitu dengan membuat halaman tertentu. Halaman atau page yang anda buat akan tampil secara tetap ( tidak bergeser ) walau ada posting artikel baru. Dalam istilah blog wordpress dikenal istilah halaman statis. Halaman statis ini bisa dibuat jika anda ingin menampilkan hal penting berkaitan dengan tema blog anda misalnya kontak kami, tentang kami, ebook gratis dll. Lebih jauh anda bisa tengok blog saya yang membahas tentang Bisnis Online yaitu bisnis muktiplaza. Lihat gambar :
Halaman statis di blog tersebut saya letakkan di bagian atas artikel sehingga membentuk navagisi. Hal ini sangat penting agar pengunjung bisa dengan mudah melihat informasi yang kita sampaikan. Halaman statis bisa anda letakkan di mana saja blog anda. Bisa di bagian atas, atau di samping blog/side bar, atau bahkan tidak ditampilkan juga bisa. Kalau saya lebih suka meletakkannya di bagian atas. Karena kelihatannya blog anda profesional dan keren banget.
Sekarang bagaimana cara membuatnya?
Jangan galau dan jangan risau karena caranya sangat mudah. Caranya seperti anda membuat artikel terbaru. Artinya posting seperti biasa. Berikut langkah-langkah membuatnya :
1. Login ke blogger.com
2. Seperti gambar di atas klik Laman ( lihat anak panah berwarna biru )
3. Sebaiknya atur dulu laman/page akan ditampilkan di bagian mana pada blog anda. Bisa di atas, di samping bahkan tidak ditampilkan juga bisa. Kalau saya memilij ditampilkan dong. He he he. Kalau saya lebih suka menampilkan di Tab Atas. Jika anda seselera dengan saya pilij aja Tab Atas.
4. Setelah tampilan laman anda atur mulai sekarang membuat lamannya. Lihat gambar. Klik Laman baru > Laman Kosong.
5. Jika telah muncul halaman seperti gambar di bawah ini silahkan mulai membuat laman dengan cara mengisi Judul Laman dan Penjelasan lama. Lihat panah yang mengarah ke tulisan berwarna merah.
6. Jika sudah lengkap diisi semua, klik Publikasikan.
7. Sukses. Anda telah bisa membuat halaman baru dan bisa dilihat di bagian atas blog anda. Keren khan.
Loh kalau menu-menu seperti di bagian atas Panduan Blog muktiblog ini bagaimana cara membuatnya ? Kalau seperti itu saya tidak tahu bagaimana cara membuatnya? He he he. Soalnya itu terbentuk secara langsung dari themes wordpress yang dibuat oleh pemiliknya. Jadi begitu saya membuat halaman statis dan membuat categori blog, maka otomatis akan tayang di sana. Kalau mau tahu cara membuatnya harus tanya pada pembuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...