Kamis, 05 Juli 2012

Bagaimana memperbaiki Hardisk Eksternal yang selalu minta format ?

Begini gan ceritanya.. kemarin ada temen ane yang datang dan mengeluh karena hardisk externalnya ketika dicolokin ke PC atau laptop dia selalu minta format. Ketika coba dicolokkan hardisk tersebut selalu minta format...so pasti ane bingung coz didalamnya banyak data penting. Jadi ane coba sedikit demi sedikit mengeluarkan jurus-jurus ane yang ane bisa. Ane tadinya hampir patah semangat gan....coz ane coba gagal melulu. Dan akhirnya dengan penuh semangat berbagai cara ane lakuin, akhirnya setidaknya membuahkan hasil.
Sebelumnya mau ane jelasin detail ciri-ciri masalah hardisk itu adalah sebagai berikut:

1. Tiba - tiba hardisk timbul pada window explorer hanya tulisan local disk (h) biasanya tertulis transcend (h)
2. Hardisk tersebut minta format dan membuat saya pusing karena datanya penting semua
3. Komputer saya menjadi hang.....
4. Window yang saya pergunakan adalah window 7 ultimate

Dan akhirnya setelah mengeluarkan jurus-jurus yang ada walaupun dengan ilmu yang pas-pasan akhirnya hardisk mau lagi berjalan dengan normal, adapun langkah yang saya tempuh adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke run
2. Ketik cmd
3. Setelah pada posisi command prompt lalu ketik chkdsk /r /f h: lalu tekan enter (h: sesuai dengan posisi removable disk pada komputer anda, kebetulan pada komputer saya pada local disk h)
setelah saya tunggu prosesnya sambil harap cemas hardisk saya bekerja kembali dengan normal.
mudah2an dapat berguna.

Jika menganggap artikel ini bermanfaat buat agan... silahkan jangan sungkan untuk comment pada Blog ini.

Selamat Mencoba.. Salam Sang Petarung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...