Sabtu, 05 Januari 2013

PPPURG 1987

 


PPPURG v3

[ Download Program ]

Dibuat berdasarkan peraturan Pedoman Perencanaan Pembebanan untuk Rumah dan Gedung (SKBI -1.3.53.1987), program ini menyajikan tampilan ringkasan dari peraturan tersebut. Ide pembuatan program ini muncul dari pengalaman penulis yang sering menggunakan angka, nilai dan koefisien dari peraturan tersebut dalam pekerjaan perancangan rumah atau bangunan gedung. Daripada harus berulangkali membuka buku peraturan, akan bisa lebih ringkas jika dijadikan dalam format ringkasan digital, yang dapat langsung ditampilkan angka / nilai yang sering dipakai saja. Selain itu, karena pekerjaan yang sering dilakukan kebanyakan memakai komputer / laptop, maka dengan adanya format digital akan memudahkan dalam “mobilitas” peraturan dan peralatan dalam satu paket. Maksudnya, ketika melakukan pekerjaan di komputer tinggal langsung membuka program ini saja bila diperlukan, tanpa harus repot mencari buku peraturan dan halaman yang sesuai, belum lagi jika buku peraturannya ternyata berada (alias tertinggal) di lain tempat (Duh!).

Versi pertama program ini “lahir” pada akhir tahun 2007, tepatnya pada bulan November. Dibuat dengan bahasa Visual Basic 6.0, program ini juga sekaligus program pertama yang dibuat penulis memakai bahasa pemrograman tersebut. Setelah belajar secara otodidak dari buku Visual Basic (VB) karangannya Pak Wiryanto (matur nuwun Pak Wir), timbul keinginan untuk mempraktekkan secara langsung ilmu yang sudah didapat. Kalau Anda belajar bahasa pemrograman, maka latihan terbaik adalah dengan membuat program Anda sendiri, sesederhana apapun, begitu pikiran penulis. Tidak peduli selengkap apapun tutorial yang diberikan oleh buku (ataupun kursus misalnya), kalau Anda tidak mempraktekkan sendiri secara langsung, maka itu ibaratnya orang belajar naik sepeda / sepeda motor atau belajar nyetir tapi hanya sebatas teori lalu lintas saja tanpa pernah mencoba langsung mengendarainya. Nah, dengan modal ilmu otodidak tadi, disertai pengalaman penulis dalam pekerjaan, jadilah program pertama penulis ini (tentu saja tidak murni mengandalkan satu buku, tapi juga dari referensi lain, terutama resource dari internet yang cukup banyak dan lengkap, sampai lupa dari mana saja mengambilnya…).

Oke, kiranya cukup sekian dulu ulasan pendahuluan tentang program ini. Kini akan dibahas sedikit tentang “jeroan”-nya program, alias listing kode programmnya. “Lho, kok dibuka-buka?” Jangan khawatir, cuma dibuka sedikit kok nggak semuanya, juga sebagai sarana belajar bersama bagi para programmer VB, lagipula penulis juga masih terhitung sebagai pemula kok. Supaya ceritanya seru, kita mulai dari versi pertama (v.1.0). Klik saja pada judul versi yang bersangkutan untuk mengetahui kisahnya.

[ VERSI 1.0.0 ]

V1_1

[ VERSI 1.1.0 ]

V11_1

[ VERSI 2.0.0 ]

V2_2

[ VERSI 3.0.0 ]

Promo_V3_2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...