Jumat, 01 Maret 2013

Cara Aktivasi Layanan Internet Banking Mandiri

Karena kebutuhan akan transaksi perbankan sudah tidak bisa di hindari lagi (ceilee bahasanya), maka saya nyoba ngedaftar lagi layanan transaksi internet banking dari bank mandiri. kalau ada yang bertanya apa fungsinya internet banking ini? Keuntungannya kita bisa melakukan transaksi perbankan, tanpa batasan waktu, kapan dan dimana saja (asal ada koneksi internet tentunya). Transfer. cek saldo, ampe beli pulsa juga bisa dilakukan sama seperti berhadapan dengan ATM atau teller asli. untuk transaksi sendiri tidak dikenakan biaya. kecuali bayar listrik kalo ga salah. jadi secara garis besar, e-banking menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bertaransaksi.

Mengenai keamanan, tenang aja brother, walau tidak mungkin ada 100% sistem itu aman, setidak nya keamanan yang digunakan pada situs sudah mengaplikasikan encryption SSL 128 bit. SSL ini singkatan dari secure socket layer, Encryption digunakan untuk mengacak data yang vital menjadi data sampah (tidak terbaca) sama seperti proses Sniffer data dan kemungkinan besar pasti ada firewall nya juga. kalau enggak apa kata dunia :)

Masuk proses pendaftaran daftar ada du cara. langsung di Teller isi formulir, atau cara cepat langsung lewat ATM. pilih mana terserah. kalau saya kemarin milih lewat ATM, enggak sampai 5 menit kelar. tahu caranya kan masukin kartu ,pilih menu registrasi e-banking, terus ikutin petunjuk yang ada di layar ATM gampang kok. cuma mau ingatin PIN yang kamu pilih itu panjangnya 6 digit nomor.

Kalau sudah, Sekarang kita tinggal aktifin lewat situs bank mandiri.

1. Buka situs resminya bank mandiri

Klik aktivasi d sebelah kiri.
2. Lanjut dengan agreement, klik setuju.

3. Lalu kita di bawa ke window baru disini ada 2 kolom, kolom pertama kita isi dengan 16 digit nomor yang ada di kartu ATM bagian depan, kolom yang kedua isi dengan PIN yang kita buat waktu pendaftaran di ATM tadi

4. Lanjut ke tahap berikutnya, Di sini kita di beri kesempatan merubah login username dan password saat menggunakan internet banking di situs bank mandiri. isi username dengan nama yang mudah kamu ingat. Username ini gabungan dari huruf dan angka misal james007, b0nd4n dsb Sedang kan nama kecil ibu memang sudah ditetapkan dengan kode (ingat waktu kita buka rekening ada pertanyaan nama kecil ibu?) itulah kodenya. Password juga diganti dengan 6 digit nomor. alamat imel juga di isi, pastikan imel masih aktif!

5. Jika ada kesalahan maka proses akan berulang, dan kesalahan akan ditampilkan. tapi jika semua lancar maka akan ada ucapan aktivasi berhasil dilakukan

Selesai dah. Sekarang kamu bisa login dari halaman depan, dan sudah mulai bisa menggunakan semua fitur layanan perbankan.

TIPS: Jika kamu menggunakan komputer umum, HATI-HATI dengan fitur save password, JANGAN pernah dicentang. kalau enggak password kamu bisa terekam, dan juga berhati-hati terhadap Software keylogger. Jika memang sangat terpaksa, cari warnet yang punya reputasi bagus. setidaknya ini meminimalisir adanya tindakan jahat dari gerombolan siberat. anda bisa menggunakan fitur windows on board keyboard. tapi sepertinya hal ini saya bahas di lain waktu.

Jika ada yang kurang jelas, Let me know Ok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...