Minggu, 05 Februari 2012



 

 

 

 

 

Tutorial Photoshop CS

 

 

Yudha Yudhanto, S.Kom

yyudhanto@gmail.com

 

 

 

Lisensi Dokumen:

Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus

atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap

dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin

terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.

 

 

 

 

Mengikuti kemajuan dan perkembangan Photoshop adalah sangat menarik. Kelebihan atau kelengkapan yang ada dalam versi yang terbaru menjadikan lebih mudah & praktis dalam menyelesaikan produk dan permasalahan design.

 

Panduan Praktis

Materi ini saya buat ketika akan mengajar Multimedia di Pusdatin Dephan beberapa tahun yang lalu. Mohon maaf jika ternyata ada yang merasa ini kurang lengkap atau mungkin sulit dipahami, selamat menikmati.


 


 

 

 

 

 

DAFTAR ISI


 

1. TEKNIK DASAR                                                                                                                                             3


 

2. MANAJEMEN WARNA                                                                                                                             14


 

3.TEKNIK PENYELEKSIAN                                                                                                                        24


 

4. MENYISIPKAN TEKS                                                                                                                                 28


 

5. PATH & SHAPE                                                                                                                                          31


 

6. MENGATUR IMAGE & CANVAS                                                                                                            35


 

7. MEMPERBAIKI DAN MENGKOREKSI IMAGE                                                                                 38


 

8. NEW & SAVE DOCUMENT                                                                                                                      41


 

9. MENGATUR LAYER                                                                                                                                  43


 

10. PENGGUNAAN EFEK FILTER                                                                                                            48


 

11. TEKNIK PENGHAPUSAN                                                                                                                       50


 

12. SLICE                                                                                                                                                            51




 


 

 

 

 

 

 

1. TEKNIK DASAR

 

 

1.   Perkenalan

 

Photoshop CS disebut juga Photoshop 8. Merupakan software populer yang dibuat oleh Adobe (www.adobe.com). Sangat powerfull dalam pengolahan gambar bitmap, menawarkan berbagai kemudahan dalam menggunakan feature yang beraneka macam di setiap versi terbarunya. Jika anda adalah seorang calon Web Designer, Image Editor, Fotografer dan semua orang yang sering menangani grafis, maka Photoshop sangatlah cocok untuk anda dalam mengembangkan ide dan kreatifitas anda.

Gbr 1.1 Area Kerja Photoshop CS

Jendela Photoshop   terdiri dari atas beberapa bagian utama yang wajib anda ketahui, yaitu :

A. Baris Menu

B. Panel Options

C. Toolbox

D. Jendela Gambar

E. Palette well

 

 

F. Palettes

 

2.   Mengenal Aplikasi Image Processing

 

Dalam  dunia  Aplikasi  Image  Processing  secara  garis  besar  dibagai dalam 2 macam yakni :











 

Aplikasi Vektor
 

Aplikasi Bitmap (raster)
 

Adobe Ilustrator

Corel Draw
 

Adobe Photoshop

Corel PhotoPaint


 


 

 

 

 

 

Macromedia Freehand                       Macromedia FireWork

 

Bitmap, Hasil gambar dengan mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu. Semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas sebuah gambar.  Sebaliknya  jika dipaksa  diperbesar  akan  timbul  efek  pecah atau rusak dalam gambar yang dihasilkan.

Software  pengolahnya  adalah  Photoshop,  CorelPhaint,  Macromedia

FireWork dsb.

File yang dihasilkan cenderung lebih bear.

Ekstensi file yang dihasilkan adalah psd, jpg, eps, gif dsb

 

Gambar 1.2 Hasil pembesaran dalam Bitmap

 

 

Vektor, File yang dihasilkan senderung lebih kecil.

 
















 

 



Disimpan dalam file dengan ext cdr, wmf, ai dsb. Biasa dipergunakan dalam membuat logo, animasi, ilustrasi atau kartun dsb 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.3 Hasil pembesaran dalam Vektor

 

Tapi  biasanya  terjadi  keterhubungan  diantara  keduanya.  Misalnya  : hasil dari logo yang dibuat dalam Coreldraw di import ke Photoshop dalam rangka memberikan efek-efek tertentu pada logo tersebut..

 

3.   Cara menjalankan Adobe Photoshop

 

Banyak cara dilakukan untuk memulai program ini diantaranya adalah :

•   Menjalankan lewat Start > All Programs – Adobe photosop   CS.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.4 Cara menjalankan Photoshop

 

•      Buat shorcut

 

Dengan cara mengklik Shorcut yang ada pada desktop

•      Dengan men-klik file .psd

 

Membuka file data dengan extension .psd

 

4.   Mengatur Iterface dalam face dalam Adobe Photoshop.

 

Salah  satu  kekhasan  yang  dimiliki  program  ini  adalah  adanya fasilitas Toolbox.

 

Toolbox berisi berbagai piranti atau tool yang dapat Anda pergunakan untuk memanipulasi dan menyunting sebuah Image. Anda menggunakan tool yang ada dalam Toolbox untuk melakukan seleksi, membuat teks, membuat gambar dan lain sebagainya. Jika Toolbox belum muncul maka anda tinggal mengklik Window > Tools, sehingga akan muncul seperti gambar dibawah ini ;


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.5 Tampilan Toolbox

 

Jika  toolbox  dipilih  maka  akan  muncul  gambar  Option  Bar dibawah Menu File. Dibawah ini gambar jika anda memilih tollbox Move Tool  . Maka akan muncul Option Bar seperti dibawah ini

 

 

Gambar 1.6 Tampilan Option Bar

 

 
















 

 



Jika dalam item toolbox ada panah dipojoko kiri bawah seperti ini   maka akan ada fungsi turunan yang lain dan   bisa diklik. Dengan cara tekan pointer agak lama sampai muncul menu turunanya. Seperti ini : 

 

 

 

 

 

Canvas atau Image Area

Dari gambar tersebut bisa dilihat nama file, pembesaran/zoom,  layer dan mode warnanya.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.7 Tampilan Option Bar

 

Pembesaran Canvas

Dalam  area image  bisa dilakukan  pembesaran  canvas  yakni  dengan

max dan min. Atau dengan memanfaatkan Pallet Navigator

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.8 Pallet Navigator

Atau dengan tombol Kombinasi Ctrl + atau - Setting   Pallet

Pallet  bisa  dipindah-pindah   dengan  proses  drag.  Jika  anda  ingin

mereset tampilan agar seperti kondisi semula lakukan File Window > Workspace > Reset Pallete Locations

 

TIPS :

1.   Jika anda ingin konsentrasi  dalam  memanfaatkan  Canvas.  Anda bisa  menyembuyikan   semua   toolbox   dan   Pallet   pergunakan tombol TAB.

2.   Jika ingin menyembunyikan Pallet saja klik Shift+Tab

 

3.   Tekan ‘ f ’ untuk fullscreen. Kombinasikan dengan TAB jika ingin lebih bersih lagi.

 

5.   File Open dan Browse

 

Dalam mengolah gambar anda pasti melakukan proses membuka image atau  beberapa  image  dengan  berbagai  format  untuk  kemudian  bisa


 


 

 

 

 

 

diproses menuju hasil. Cara membuka file adalah sebagai berikut :

•     Membuka  dengan menu File > Open (perhatikan  preview)  –

 

dengan thumnail. Atau dengan Shorcut Ctrl+O

 

 

Gambar 1.9 Open File

 

 
















 

 



•     Pakai Menu  File  > Browse  untuk  eksplorasi  gambar  dalam folder atau dengan cara Shift + Ctrl + O 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.10 Browse File

Kelebihan dari browse untuk extension .psd thumnail/preview nya bisa terlihat.

Kekurangannya  adalah menghabiskan  memori yang banyak sehingga lekas ditutup jika sudah selesai

 

Mengatur   tampilan   beberapa   image   dengan   menu      Windows   >

arrange


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.11 Mengatur image yang tampil

6.   Undo & History

 

 
















 

 



Dalam melakukan  pekerjaan  image seringkali  terjadi kesalahan  atau pengulangan  perintah yang salah. Kita bisa mempergunakan  fasilitas Undo (Ctrl+Z). Tetapi ini hanya berlaku 1 perintah sebelumnya saja. Maka  dibutuhkan  fasilitas  History.  Cara  membuka  Pallet  History adalah menu Window > History. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.12 Pallet History

 

Cara menghapus History adalah :

 

Gambar 1.13 Cara menghapus Pallet History

Memanage jumlah history.

Lakukan perintah : Edit > Preferences – History states


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.14 Mengganti jumlah History

 

TIPS :

•     Semakin banyak nilai history akan menghabiskan lebih banyak memory / mengganggu kinerja komputer

•     Menu File > Revert : untuk mengcopy kondisi awal

 

•     Menu File > Purge > Clipboard : menghapus History selain yang disoroti/pilih.

•     Selama belum disimpan, maka fungsi history bisa dilakukan.

 

Jangan takut mencoba-coba.


 

 

7.   Mengenal Layer dan Penggunaan

 

Seorang desainer memanfaatkan Layer agar seolah-olah sedang menggambar dalam transparansi. Sehingga tidak akan merubah gambar yang berada di layer lain.

Jika diSave, maka dilain waktu dapat diperbaiki  sebab hasil gambar tidak menyatu dengan layer lain.

 

Menghapus Layer dengan cara drag ke tong sampah atau klik kanan >

delete


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.15 Palllete Layer

 

 
















 

 



Memilih  Layer bisa dilakukan  dengan  Autoselect   ini  dilakukan   agar  ketika   pointer   diatas   gambar,   akan  langsung mendeteksi di layer mana dia bekerja sehingga bisa melakukan aksinya. Atau dengan cara Klik kanan pada gambar untuk memilih layer mana yang akan dikerjakan. 

 

 

 

 

Gambar 1.16 Memilih posisi Layer

 

8.   Pengaturan Ruler, guide dan Grid

 

 

Fasilitas Ruler

 

Dalam  membantu  membuat  gambar  yang  sesuai  dengan  letak  dan ukuran yang diinginkan maka kita bisa lakuka dengan menampilkan Ruler dengan cara menu View > Ruler.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 1.17 Menampilkan Fasilitas Ruler

 

 
















 

 



Menentukan Satuan Ruler dengan cara menu Edit >   Preferences > Units & Ruler 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.17 Menampilkan ukuran Ruler

 

 
















 

 



Setting Ruler tidak dari 0 dengan cara tarik garis dari pojok kiri, drag ke dalam sesuaikan ukuran di atas dan bawah. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.18 Memulai nilai awal Ruler


 


 

 

 

 

 

 

Jika ingin meng-0 kan lagi, klik 2x pojok kiri atas

 

Fasilitas Guide

Dalam  meletakkan  objek  dalam  gambar,  dibutuhkan  fasilitas  guide. Sehingga akan sesuai dengan letak yang diinginkan.

Untuk Menampilkan Guide, dengan cara melakukan drag and drop

dari area ruler area baik secara vertikal atau horisontal

 

Gambar 1.19 Menampilkan fasilitas Guide


 

 
















 

 



Untuk  menampilkan  dan  menyembunyikan  guide.  Lakukan  dengan menu View > Show > Guide 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1.20 Menampilkan fasilitas Guide


 

Menjadikan Guide sebagai magnet agar objek bisa melekat. Aktifkan

View > Snap

 

Menghilangkan Guide dengan cara menarik Guide ke ruler area.

 

Fasilitas Grid

Alat bantu yang lain adalah Grid, dengan cara file Menu Show Grid, tidak bisa diubah letaknya tapi untuk ukuran kotak dan satuannya bisa dengan .


 


 

 

 

 

 

Menu Edit > Preference > Guide, Grid & Slice

 

 

 

 

 

2. MANAJEMEN WARNA

 

 

1.   Setting Color Management

 

 
















 

 



Problem  yang  sering  dialami  oleh  desainer  adalah  hasil  cetak  yang tidak sama dengan warna yang tampil dalam monitor. Maka dari itu perlu diatur Setting Adobe dan Gamma Setting, dengan cara, letakkan pointer pad layar kemudian lakukan Klik Kanan > Properties 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.1 Setting Color Management

 

Pilih Add dan tambahkan AdobeRGB1998 ke dalam daftar.

 

Kemudian didalam Aplikasi Photoshop,  lakukan menu Edit > Color


 


 

 

 

 

 

Setting.

Pilihlah setting berikut ini :

1.   Web Graphics Defaults, jika gambar yang dihasilkan untuk web interface.

2.   US   Prepress   Defaults,   jika   gambar   yang   dihasilkan   untuk diteruskan ke percetakan atau di print.

 

2.   Mode Warna & Gamut Warning

 

Seperti yang telah diketahui bahwa warna dasar yang kita kenal adalah Merah, Hijau dan Biru. Dari ketiga warna tersebut dihasilkan semua warna termasuk warna Hitam. Dalam Photoshop dikenal dengan perpaduan warna RGB (Red Green Blue).

 
















 

 



Untuk mengetahui mode warna yang dipunyai oleh Photoshop. Maka bisa dilihat di menu Image > Mode 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.2 Mode Warna dalam Photoshop

 

Tetapi  yang  paling  sering  digunakan  adalah  : Grayscale,  RGB  dan

CMYK.

 

Gambar 2.3 Ilustrasi Warna RGB


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 2.4 Ilustrasi Warna CMYK

 

 

Gambar 2.5 Perpaduan Warna Hardware

Tidak semua hardware memakai stadard perpaduan warna yang sama, dalam  gambar  diatas  dilustrasikan   bahwa  Hardware  Monitor  dan Kamera Digital menghasilkan gambar dengan mode RGB sedangkan untuk Printer menghasilkan perpaduan warna dengan CMYK.

 

Jika  projek  yang  sedang  kita  kerjakan  untuk  ditampilkan  didalam monitor  seperti  presentasi  atau  web  maka  dipergunakanlah  RGB. Tetapi jika projek yang dikerjakan untuk dicetak maka kita harus memilih CMYK.

 

Dalam mengerjakan sebuah projek, disarankan memulai dengan RGB. Karena bila ingin dicetak, kita tinggal mengkonversi ke dalam CMYK (biasanya file yang dihasilkan lebih besar).

 

Untuk melihat warna yang akan berubah ketika di convert ke CMYK pada  sebuah   gambar,   aktifkan   menu  View   >  Gamut   Warning. Sehingga akan muncul titik-titik abu yang menjelaskan bahwa ini akan berubah jika di convert.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 2.6 Mengetahui warna yang akan berubah

 

Keuntungan  bekerja  dengan  RGB  adalah  berfungsinya  Filter dalam

Photoshop.

 
















 

 



Untuk mencegah terjadinya warna yang ternyata tidak didukung oleh CMYK. Maka aktifkan menu View > Proof Setup > Working CMYK dan Proof Colors 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.7 Mencegah berubah warna pada CMYK

 

3.   Mengatur Color Picker

 

 
















 

 



Seorang designer pasti akan sering memakai Color Picker. Dibawah ini adalah fasilitas Warna dalam toolbox 

 

 

 

Gambar 2.8 Toolbox Color

Pada bagian depan (hitam) disebut Foreground sedangkan pada bagian belakang (putih) disebut Background.

Anda bisa memakai tombol X dan D untuk membolak-balikkan  warna untuk foreground atau background. Atau dengan menekan kotak kiri bawah atau panah kanan atas pada gambar diatas.

 

Memilih Warna

1.   Dalam  memilih  warna,  anda  tinggal  men-doubleklik  foreground atau background. Sehingga akan muncul tampilan Color Picker dibawah ini, kita tinggal memilih warna yang kita inginkan dengan manual atau menuliskan koder warna-nya.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 2.9 Color Picker

Jika dalam kolom RGB (255:255:255) maka akan muncul warna putih

 

TIPS :


Apabila  ketika  memilih  warna  muncul  tanda   ,  ini  berarti memberikan warning kalau warna yang kita pilih tidak support CMYK (berbeda ketika di print). Untuk memperbaikinya  klik icon   tersebut.

Apabila  yang  muncul  adalah    berarti  akan  ditampilkan berbeda dalam web. Solusinya dalah klik icon   tersebut atau

ckeck item  .


 

2.   Dengan  memakai  pallet Color (F6). Anda tinggal mengerakkan slider  atau  memasukkan   angka  atau  dengan  menyedot  warna. Jangan lupa untuk memilih   foreground atau background.

 

Gambar 2.10 Pallet Color


 


 

 

 

 

 

 

3.   Dengan       memakai      fasilitas       Toolbox       Eyedropper       Tool

 

 

 

Gambar 2.11 Eyedropper Tool

Kemudian arahkan tool ke dalam canvas untuk mengambil sample warna yang diinginkan.

 

Menyimpan Warna Favorit

Warna yang telah kita pilih bisa disimpan kedalam ‘Swatches’.

 

Gambar 2.12 Swatches Color

Caranya  letakkan  pointer  pada area warna  paling  bawah  seperti  ini. Kemudian berilah nama untuk warna tersebut dan klik OK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.13 Membuat warna favorit.

 

Menambah Koleksi Warna

 
















 

 



Anda tinggal klik kanan pada panah pojok kanan. Kemudian tinggal dipilih apakah akan menimpa (Replace) yang sebelumnya atau menambahkannya (Append

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.14 Memilih/menambah  koleksi warna.


 


 

 

 

 

 

4.   Painting Tool & Fill Color

 

 

Painting Tool

Menggambar   dengan   painting   tool   dan   kemudian   mewarnainya merupakan hal yang akan sering dilakukan.

Langkahnya adalah :

•     Klik toolbox pada bagian Brush Tool

 

 

Gambar 2.15 Ikon Brush Tool


 

•     Pilih model Brush yang anda inginkan

 

 

Gambar 2.16 Contoh model Brush

 

•     Pilih    model    Brush    yang    lain    untuk    mengganti    atau menambahkannya.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 2.17 Memilih model Brush yang diinginkan.

 

Gambar 2.18 Contoh hasil dengan Spesial Brush .


 


 

 

 

 

 

 

Paint Bucket Tool

 
















 

 



Ini digunakan dalam mewarnai objek gambar atau seleksi yang sedang sudah lakukan. 

 

 

Gambar 2.16 Ikon Paint Bucket tool

 

Lakukan  seleksi  dalam  area  gambar/canvas.  Kemudian  pilih  warna yang diinginkan. Letakkan icon                                                             pada daerah seleksi pada gambar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.17 Sebelum diisi warna


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 2.18 Setelah diisi warna.


 

Gradient Tool

Mewarnai objek dengan warna gradient

 

Gambar 2.19 Ikon Gradient Tool


 

Gambar 2.19 Setelah diisi Warna gradient


 


 

 

 

 

 

 

 

3.TEKNIK PENYELEKSIAN

 

 

1. Dasar Seleksi

 

Seleksi selalu dilakukan designer untuk mewarnai, menghapus, memindah atau memotong sebuah objek. Ketrampilan ini sangat diperlukan dalam memodifikasi sebuah gambar. Langkah yang harus dilakukan adalah :

1.   Pilih toolbox Marquee Tool

 

 

 
















 

 



Gambar 3.1 Marquee Tool























 

Model Seleksi
 

Keterangan
 

 
 

Seleksi Kotak
 

 
 

Seleksi lingkaran
 

 
 

Seleksi vertikal sebesar 1 pixel
 

 
 

Seleksi horisontal   sebesar 1 pixel

 

 
















 

 



















 

 



Kombinasikan dengan perintah menu Edit > Fill untuk mewarnai.2.   Kombinasikan dengan perintah Delete untuk menghapus

 

 

TIPS :

•     Tekan  Shift  ketika  melakukan  seleksi  untuk  memperbesar dengan proporsional (sama sisi).

•     Tekan Shift untuk menambah seleksi

 

•     Tekan Alt untuk mengurangi seleksi.

 

•     Menghilangkan seleksi tekan Ctrl+D

 

•     Mengembalikan seleksi sebelumnya dengan Select > Reselect

 

•     Feathers untuk membuat efek lengkung seleksi dengan kotak

 

 

 

Gambar 3.2 Option Bar untuk Mrquee Tool

 

3.   Anda  bisa  kombinasikan  dengan  efek  Select  >  Modify  untuk membuat berbagai efek seleksi.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 3.3 Contoh Hasil Seleksi

 

 

 

 

 

2. Penggunaan Laso & Magis Wand Tool

 

Buka file c:¥latihan¥sayuran.psd

 
















 

 



Kemudian  lakukan  proses  seleksi  terhadap  objek-objel  seperti  roti, daging, daun dan jamur untuk membuat gambar seperti dibawah ini. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.4 Obyek untuk latihan Penyeleksian


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 3.4 Hasil proses latihan Penyeleksian

 

3. Menyimpan Penyeleksian

 

Ketika sudah melakukan penyeleksian agar pekerjaan seleksi yang kita lakukan tadi hilang. Kita ingin menyimpannya agar suatu saat bisa dipakai kembali.

Dengan Langkah sebagai berikut :

•      Pilih menu Select > Save Selection




 


 

 

 

 

 

 

Gambar 3.5 Langkah penyimpanan Seleksi


•      Berilah nama untuk proses seleksi ini


 

 

Gambar 3.6 Pemberian nama Seleksi




 


 

 

 

 

 

 

4. MENYISIPKAN TEKS

 

 

Selain mengolah gambar dan berbagai ilustrasi, Photoshop juga menggunakan Teks sebagai bahan olehan.

Dalam Photoshop dikenal 2 buah Teks yakni :

•     Teks Tunggal

 

•     Teks Paragraf

 

 

 
















 

 



Teks  tunggal,  dibuat  dengan  menyisipkan  teks  dari  huruf  pertama tanpa membuat kotak pragrafnya dulu. 

 

 

 

 

 

Gambar 4.1 Text Tool

 

 

Gambar 4.2 Hasil Teks Tunggal

 

Setelah teks sudah dituliskan, maka dengan menekan tombol Ctrl maka disekeliling  teks  akan  muncul  kotak.  Sehingga  kita  bisa menggunakannya  dengan  bebas  untuk  membersarkan,  mengecilkan atau memiringkan teks tersebut.

Teks Paragraf, dibuat dengan menyisipkan teks dari dengan membuat kotak pragrafnya dulu.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 4.3 Menulis dengan Teks Paragraf

 

Kemudian kita tinggal menuliskan apa yang akan kita ketik atau paste dari Word agar memenuhi kotak pragraf yang telah kita buat.

Kelebihan Text Pragraf :

•      Teks  mengikuti  alur kotak  atau bisa berpindah  sendiri  kebawah sesuai arah kotak

•      Ketika kotaknya dibesarkan, Teks tidak bertambah besar

 

 
















 

 



•      Dengan memiringkan atau rotate teks, maka teks didalamnya akan mengikuti. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4.4 Hasil Teks paragraf

Mengedit dan menformat Teks

Proses   edit   dan   formating   teks   yang   telah   kita   buat,   dengan menggunakan.

 

Gambar 4.5 Option Bar untuk Text

Format teks tersebut meliputi :

Arah, Font, Mode, Besar font dan Paragraf


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 4.6 Character Properti Text

Format teks tersebut meliputi :

Font, Ukuran, Tinggi, Lebar, Posisi atas/bawah, Jarak Atas/bawah, Jarak antar huruf dan Model

 

 

Gambar 4.7 Paragraf Properti Text

Format teks tersebut meliputi : Perataan & Indentasi.


 


 

 

 

 

 

 

5. PATH & SHAPE

 

 

1. Membuat dan Mengatur Path

 

Jika kita ingin menyisipkan bentuk-bentuk yang kita inginkan atau didefinisikan  sendiri,  maka  anda  membutuhkan  Fasilitas  Path  dan Shape. Shape akan memberikan sarana dalam membuat bentuk.

 

Membuat Path

-    Klik Pen Tool pada Toolbox

 

 

Gambar 5.1 Pen Tool

Caranya :

•      Anda  cukup  menentukan  titik-titik  point  (Anchor  Point)  dalam membuat Path.

•   Jangan lupa, pada option bar memilih Path  .

 

 

Gambar 5.2 Contoh menggambar path

Memindah Path

-    Klik Path Selection Tool pada Toolbox

 

 

Gambar 5.3 Path Selection

-    Arahkan pada path yang telah dibuat dan pindahkan ketempat lain


 


 

 

 

 

 

 

Mengedit Path

-     Klik Direct Selection Tool pada Toolbox

 

 

Gambar 5.4 Direct Selection

-     Arahkan pada garis atau titik path yang telah dibuat dan tarik sesuai bentuk yang diinginkan.

 

Mengisi Path dengan Warna Foreground

-     Klik Path pada palet Layer kemudian pilih icon kiri bawah.

 

 

Gambar 5.5 Mengisi path dengan Warna

 

Membuat Garis Pinggir dari sebuah Path

-     Klik Path pada palet Layer kemudian pilih icon kiri bawah sesuai dengan gambar.

 

Gambar 5.6 Membuat garis pinggir dengan path

 

Membuat Selection dari Path

-     Klik Path pada palet Layer kemudian pilih icon kiri bawah sesuai dengan gambar.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 5.6 Membuat Selection dengan path

 

2. Membuat dan Mengatur Shape

 

Membuat Shape

-     Klik Pen Tool pada Toolbox

 

 

Gambar 5.7 Pen Tool

Caranya :

•      Jangan lupa, pada option bar memilih Path  .

 

•      Jika  kita  membuat  Anchor  Point  maka  otomatis  akan  membuat

 

Shape sesuai warna yang telah dipilih.


 

 

Gambar 5.8 Membuat Shape

 

Mengedit Shape

-     Klik Direct Selection Tool pada Toolbox


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 5.9 Direct Selection

-     Arahkan  pada garis atau titik shape  yang telah dibuat  dan tarik sesuai bentuk yang diinginkan maka shape akan mengikuti bentuk yang diinginkan.

 

Menghapus Path dan Shape

-     Klik Path Selection Tool pada Toolbox

 

 

Gambar 5.10 Path Selection

-     Arahkan pada path yang telah dibuat. Klik Delete-OK

 

3. Membuat Shape yang sudah disediakan oleh Photoshop.

Arahkan pointer pada icon Toolbox dibawah ini

 

Gambar 5.11 Model Shape

Item ini berhubungan dengan option bar

Macam-macam shpae yang disediakan :

 

Gambar 5.12 Bentuk-bentuk Shape


 


 

 

 

 

 

 

6. MENGATUR IMAGE & CANVAS

 

 

1. Mengatur Size Image

 

 

Dalam proses pencetakan perlu diperhatikan beberapa hal yaitu :

-     Page Setup

 

-     Resolusi Gambar (250-300pixel)

 

-     Ukuran Image (Tinggi & Lebar)

 

 
















 

 



Jika  gambar  hanya  untuk  di tampilkan  di  monitor  atau  web  cukup dengan resolusi 72-75pixel. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6.1 Mengatur Size pada dokumen image

 

Gambar 6.2 Properti ukuran sebuah image

 

Jika ingin membesarkan hasil cetakan, lakukan langkah berikut :

-     Uncheck pada resample Image

 

-     Ubah Ukuran Document Size

 

 

2.   Mengatur Canvas


 


 

 

 

 

 

 
















 

 



Seperti yang telah kita ketahui bersama, menggambar dalam Photoshop samadengan menggambar diatas Canvas. Idealnya, ukuran Canvas ditentukan pada awal Projek. Tapi kadang-kadang kita perlu melebarkan/meninggikan Canvas dalam bekerja. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6.3 Mengatur Size Canvas

 

Gambar 6.4 Tampilan Ukuran Canvas

3.   Croping Image

 

 
















 

 



Seringkali dalam mendapatkan sebuah image, sebenarnya kita tidak membutuhkan semuanya. Kita hanya butuh beberapa objek dalam gambar tersebut. Maka dari itu sangat dibutuhkan fasilitas Croping. 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6.5 Fasiltas Croping pada Toolbox


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 6.6 Langkah melakukan Croping

 

Bisa  juga  dengan  melakukan  Seleksi  pada  gambar  kemudian  pilih menu Image > Crop

 

4.   Memutar Arah Canvas

 

 
















 

 



Dalam memutar sebuah Canvas sangat mudah, langkahnya adalah klik menu Image > Rotate Canvas 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6.7 Rotate Canvas


 


 

 

 

 

 

Khusus  untuk  memutar   bukan  Canvas  yakni  sebuah  layer  maka peruntahnya berbeda, yakni :

Klik menu Edit > Free Transform

 

Gambar 6.8 Rotate Freetransform

 

 

7. MEMPERBAIKI DAN MENGKOREKSI IMAGE

 

 

1. Mengatur Adjusment level & Curve

 

 
















 

 



Kadang-kadang kita mendapatkan sebuah gambar yang kurang idel seperti kurang terang, terlalu gelap, kurang cerah atau terlalu buram. Untuk mengatasi dan memperbaiki itu semua disediakanlah fasilitas Adjusment. Dengan cara menu Image > Adjusment. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7.1 Fasilitas Adjusment

Disitu terlihat fasilitas yang Auto dan Manual.

Untuk melihat kondisi Level maka Klik Window > Histogram. Level, mengatur perataan gelap dan terang.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 7.2 Pengaturan Level yang tidak merata

 
















 

 



Caranya  :  Atur  Blackpoint   dan  Whitepoint   pada  saat  grafiknya menaik, kemudian letakkan yang ditengah agar benar-benar seimbang. Seperti dibawah ini 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7.3 Pengaturan Level seimbang

 

Curves, mengatur penyebaran warna


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 7.4 Pengaturan Curves seimbang

 

 

2. Penggunaan Clonning Tool

 

Fungsi ini membantu dalam mengambil sample warn asuatu area untuk kemudian dipakai untuk memperbaiki image yang cacat pada suatu sisinya.

Cara Pertama :

 

Gambar 7.5 Fasilitas Clone Stamp Tool

-    Klik pada sample yang akan diambil sambil menekan Alt

 

-    Kemudian stemple-kan kepada daerah image yang akan diperbaiki.

 

 
















 

 



-     Jangan lupa bahwa lambang + menunjukan objek yang diclone oleh pointer O 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7.6 Proses Clone Stamp

 

Cara Kedua :

Dengan  memakai  Healing  Brush  Tool  tetapi  jangan  lupa  untuk


 


 

 

 

 

 

 

 
















 

 



memilih Option Bar                                . 

 

Gambar 7.7 Healing Brush Tool

Dalam menempelkan Clone, bisa dikombinasikan dengan Seleksi sehingga akan membatasi/mengurangi kesalahan dalam melakukan stemple terutama didaerah yang rapat/teliti.

 

 

3. Menghilangkan efel Red Eye

 

 
















 

 



Pencahayaan    yang      tidak     benar     dalam     kamera     digital      akan menyebabkan efek merah pada kornea mata. Sehingga perlu diperbaiki. 

 

 

 

 

 

 

Gambar 7.8 Kasus red eye

Dengan cara :

-     Pilih Color Replacement Tool

 

 

Gambar 7.9 Color Replacement Tool


 

-     Ubah Warna Foreground dengan warna yang paling dekat dengan warna merah di mata.

-     Sapukan Color Replacement Tool pada merah mata.

 

 

 

Gambar 7.9 Hasil Penyelesain

8. NEW & SAVE DOCUMENT

 

 

 

1. Membuat Dokumen Baru

 

Dalam membuat projek dokumen baru perlu beberapa hal yang harus


 


 

 

 

 

 

diketahui, antara lain :

 

Gambar 8.1 Dialog Box New

Name, sebaiknya diisi dengan nama pekerjaan

Preset, anda bisa memilih page berdasar ukuran kertas, layar, clipboard atau ukuran file yang telah terbuka.

Resolution, Untuk dicetak min 300 pixel

Color Mode, RGB Color

Color Profile, Adobe RGB (1998)

 

 

Gambar 8.2 Menyimpan Setting page

2. Menyimpan File


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 8.3 Gambar yang belum disimpan

Dari gambar diatas, terlihat nama filenya masih Untitled menunjukan jika gambar ini belum pernah disimpan.

 

Jika ingin menyimpan pilih menu File > Save As

 

Gambar 8.4 Dialog Penyimpanan

 

Standard yang diberikan untuk file Photoshop adalah .PSD kelebihan dari file ini, mampu menyimpan Layer. Sehingga designer bisa melakukan perubahan ketika dibuka lagi.

Selain .PSD ada .TIFF ini juga bisa menyimpan Layer. Sedangkan .JPG dan .GIF tidak bisa menyimpan layer.

 

9. MENGATUR LAYER

 

 

 

1. Transformasi Layer

 

Salah satu aspek yang paling  penting  dalam penggunaan  Photoshop adalah adanya Layer.

Ketika ingin memutar atau memindahkan Layer bedakan perlakuannya dengan Image.

Memutar, dilakukan dengan menu Edit > Transform

Kemudian dalam item ’Transform’ banyak sekali modelnya bisa kita


 


 

 

 

 

 

lihat dibawah ini :

 

Gambar 9.1 Berbagai model Transform

 

2. Mengatur Layer dengan Palet

 

 

Gambar 9.2 Palet Layer

Terdapat fungsi-fungsi :

Ikon       , Membuat Layer baru diatas layer yang ditunjuk

Ikon       , Menghapus Layer yang disorot

Ikon       , Menyembunyikan Layer

Ikon        , Link Layer

 

Ikon          , Mewarnai layer terpilih tanpa menggangu lain

 

Ikon          , Mengunci Layer

Ikon        , Membuat Folder Layer

 

Ikon  , nilai transparan

 

Mengganti nama Layer dengan Klik 2x pada nama Layar. Memindah Layer dilakukan dengan Drag


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 9.3 Mengatur Palet Layer

Flatten  Image,  berguna  untuk  menggabungkan   semua  layer  baik berstatus hide atau tidak

Merge Visible, digunakan untuk mengabungkan  semua layer dengan status terlihat

Merge  Layer  Set,  berguna  untuk  menggabungkan  layer-layer  yang berada dalam satu folder

 

3. Layer Style

 

 
















 

 



Digunakan  dalam membuat efek terhadap layer yang telah kita buat. Anda bisa bebas berkreasi menggunakan efek yang disediakan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 9.4 Contoh efek yang disediakan Layer


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 9.5 Dialog box efek drop shadow.

 

4. Menyimpan Layer Style

 

 
















 

 



Ketika kita sudah melakukan berbagai aksi terhadap layer yang sudah kita buat. Kita bisa menyimpan setting layer tersebut dengan cara : pada dialog bix layer style, klik New Style – berilah nama – OK. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 9.6 Menyimpan setting Layer Style.

 

Untuk  menggunakannya,  silahkan  buka Palet Style dan pilih favorit untuk diterapkan pada layer anda, seperti dibawah ini :


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 9.7 Menggunakan setting Style.


 


 

 

 

 

 

 

10. PENGGUNAAN EFEK FILTER

 

 

 
















 

 



Dari awal kita disarankan untuk bekerja dengan mode RGB. Salah satu kelebihanya adalah kita dapat menggunakan semua filter yang telah disediakan Photoshop. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 10.1 Fasilitas Filter RGB

 

 
















 

 



Jika  image   kita  berbasis   CMYK   maka   tidak   semua   Filter   bisa diterapkan 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 10.2 Fasilitas Filter CMYK

Kombinasi dengan perintah seleksi sangat membantu alam proses pemilihan filter yang kita inginkan pada area tertentu.


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 10.3 Memadukan seleksi dan Filter


 


 

 

 

 

 

 

11. TEKNIK PENGHAPUSAN

 

 

Fungsi  untuk  menghapus  pasti  sering  dilakukan,  apalagi  jika  bahan gambar yang digunakan dari berbagai sumber dan model.

Cara pertama dengan memanfaatkan Eraser

 

Gambar 11.1 Toolbos eraser

 

Cara kedua dengan memanfaatkan Magic tool + Del

 

 

Gambar 11.2 Memakai Magic Tool dan Delete

 

Cara Ketiga Background Eraser Tools + Sampling : Once

 

Gambar 11.3 Memakai Sampling Once

Cara ini bekerja  dengan  mendeteksi  warna  pertama  yang  dia hapus sebagai acuan penghapusan selanjutnya.


 


 

Slice adalah alat penting saat anda mengerjakan sebuah gambar untuk keperluan Web. Anda bisa memanfaatkan fitur slice untuk memisahkan sebuah gambar menjadi bagian-bagian terpisah yang berdiri sendiri. Masing-masing gambar bisa diatur, edit dan difungsikan sesuai dengan leinginan anda.

 
















 

 



Ketika anda menyimpan file gambar dan sebuah file HTML, tiap potongan  gambar  disimpan  sebagai  file berdiri  sendiri  dengan informasi masing-masing. 

 

 

Gambar 12.1 Slice Tool dan Select Slice Tool

 

1. Membuat Slice dengan Slice Tool

 

 
















 

 



Dengan slice Tool, anda tinggal membuka gambar yang sudah dipersiapkan. Kemudian Klik Slice Tool, letakkan pointer pada gambar, buatlah garis sesuai keinginan anda. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 12.2 Slice dengan Slice Tool

2. Membuat Slice dengan Guide

 

Langkah pertama, buat dahulu Guide pada layar


 


 

 

 

 

 

 

Gambar 12.3 Membuat Guide pada layar

 

Langkah Kedua, Klik pada Option Bar

 

Gambar 12.4 Membuat Slices form Guides

 

3. Mengunci Slice

 

 
















 

 



Agar hasil slice tidak terganggu dengan proses editing atau terpengaruh kesalahan. Maka proses Lock dilakukan dengan   Menu View > Lock Slices 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 12.5 Mengunci Slices

 

4. Mengatur Properti Slice

 

Untuk  mengatur  letak  slice  yang  telah  dilakukan  maka  dibutuhkan


 


 

 

 

 

 

 

 
















 

 



Slice Select Tool                                                .Kita tinggal  klik garis  Slice  yang  kita  ingin  rubah.  Kemudian  tarik sesuai arah yang kita inginkan.

Mengatur properti Slice dilakukan dengan cara :

Klik kanan pad garis Slice, samapai muncul dialog box berikut :

 

Gambar 12.6 Menampilkan Properti Slice

 

Gambar 12.7 Mengisi Properti Slice

 

5. Menyimpan HTML

 

Setelah  selesai  melakukan  proses  Slice.  Dokumen  disimpan  dalam bentuk HTML dan image dengan cara menu File > Save For Web


 

 

 

 

 

 

 

Gambar 12.8 Menyimpan dalam bentuk HTML

 

 

 

Referensi

•      Help dan Manual dalam Photoshop CS

 

 

 

 

 

 

 

Biografi Penulis

 

 

 
















 

 



Yudha Yudhanto. Alumni STMN 1 Surakarta (1997) dan UNIKOM(2005). Pernah bergelut dengan hardware komp, network, coding dan akhirnya terdampar di dunia desain. Sangat menyukai hal-hal yang berbau ‘design’ baik untuk cetak atau non-cetak. Sambilan untuk cari klethikan adalah webmaster, webdesain, nulis artikel dan ngopreg hp. Maturnuwun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...